Friday, September 23, 2016

Rujak Cireng Crispy Enak Lezat

Cireng dengan bumbu rujak atau dikenal juga dengan resep rujak cireng saat ini memang menjadi fenomena yang cukup heboh di dunia kuliner. Cemilan enak yang terbuat dari aci yang digoreng ini pertama kali keluar memang sempat dipandang sebelah mata. Tetapi karena rasanya yang enak, crispy dan gurih, lambat laun jajanan yang berasal dari kota Bandung ini mendapatkan hati di banyak masyarakat kita. Tetapi saat ini ada banyak sekali variasi dari cemilan aci yang digoreng ini, salah satunya yang akan kita buat nanti, yaitu Rujak Cireng Crispy Enak Lezat.


Yang paling gak kebayang adalah bagaiman aci yang kenyal disantap bersama dengan bumbu rujak yang pedas. Tetapi ternyata rasanya benar benar luar biasa lho. Perpaduan rasa gurih dan crispy dari cireng yang digoreng dengan rasa pedas, asam dan manis dari bumbu rujaknya memang benar benar enak. Bahkan bisa sampai membuat kita ketagihan lho dengan resep rujak cireng ini. untuk kalian ketahui, di bandung sendiri harga rujak cireng ini bisa mencapai 20.000/porsi. nah untuk itu tidak ada salahnya saya menajak kalian untuk mengolah bahan bahan cireng dirumah, dan siapa tahu kalian berminat untuk membuka usaha  kuliner cemilan ini. yuk kita langsung saja simak cara pembuatannya


Bahan bahan

2 sdm ebi, lalu haluskan

150 gram tepung kanji/aci

2 siung bawang putih, haluskan

200 gram terigu

2 batang daun seledri, lalu iris tipis

2 batang daun bawang, lalu iris tipis

Kaldu ayam secukupnya

Merica secukupnya dan Garam secukupnya

200 cc air panas


Bahan Bumbu Rujak nya

Air hangat secukupnya

1 gandu gula merah

8 buah cabai rawit atau secukupnya

2 sdm kacang tanah, yang digoreng

Garam secukupnya

1 sdm air asam jawa

- Untuk membuat cireng pertama-tama, campur terlebih dahulu semua bahan untuk cireng secara merata. Lalu tuangkan sedikit demi sedikit air panas sembari diuleni hingga adonan mudah dibentuk. Kemudian bentuk bulat-bulat adonan dan pipihkan. Setelah itu, panaskan minyak dalam wajan dan goreng cireng sampai matang, angkat kemudian tiriskan.

- Untuk membuat rujaknya, campur semua bahan bumbu rujak dengan cara diulek sampai halus lalu tambahkan dengan air secukupnya dan aduk merata..

- Cireng pun siap disajikan dengan tambahan bumbu rujak.

Bahan-bahan yang digunakan:

 ½ Sdt penyedap rasa atau secukupnya

150 gram tepung tapioka
 
1 batang daun bawang, lalu iris

¼ sdt merica

2 siung bawang putih, lalu haluskan

Sedikit tepung aci sebagai bahan taburan dan Bawang secukupnya


Bahan Untuk Pembuatan Biang

150 cc air

50 gram tepung aci


Resep Cireng crispy renyah:

- Pertama-tama campurkan terlebih dahulu kaldu bubuk, merica, tepung aci, daun bawang dan bawang putih, lalu aduk secara merata dan sisihkan.

- Kemudian campurkan semua bahan biang dan didihkan, lalu aduk terus sampai adonan seperti lem, lalu matikan kompor.

- Selanjutnya campurkan adonan untuk tepung di poin pertama pada biang. Lalu tuangkan sedikit-sedikit sembari diaduk memakai tangan namun tidak sampai kalis. Anda cukup mengaduknya dengan dicubit-cubit supaya adonan merata.

- Kemudian bentuk adonan cireng sesuai selera atau bentuk bulat pipih lalu tambahkan tepung aci pada telapak tangan supaya adonan tidak menempel.

- Jika semua adonan telah dibentuk, selanjutnya goreng cireng pada minyak panas sampai matang.


Demikianlah bahan bahan dan proses cara pembuatan Rujak Cireng Crispy Enak Lezat, semoga bermanfaat. jangan lupa baca artikel resep keluarga terbaru lainnya, terima kasih.

Artikel Terkait

Rujak Cireng Crispy Enak Lezat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email