Saturday, September 24, 2016

Lemak Telur dengan Kuah Santan Gurih

Saya mempelajari masakan telur masak lemak daripada ibu saya sendiri. Lemak Telur Khas Jawa Barat, nah hanya Hidangan yang satu ini yang akan saya infokan berasal dari Kalimantan, ya selain masakan saya sendiri "sunda" kenapa tidak saya mencoba masakan Lemak Telur dengan Kuah Santan Gurih ala Kalimantan, pastinya setiap derah berbeda bahan dengan daerah masing masing. Walaupun begitu, Telur sendiri terbagi menjadi 3, ada telur ayam telur bebek atau itik dan telur puyuh. disini bahan utamanya adalah menggunakan telur ayam,


Selain mudah didapat juga harganya, jauh dibawah harga telur bebek/itik, ya begitupun telur puyuh. dimana untuk resepi kali ini, saya menggunakan telur ayam kampung. Begitu juga sebagian bahan bahan tumis, saya juga melakukan sedikit pengubahsuaian mengikut citarasa saya. ya pandai pandainya kalian bervariasi dengan segala macam jenis bumbu, terutama dalam cara mengolahnya. karena, bahan saja tidak cukup jika cara membuatnya tidak pas. yuk langsung saja kita simak.


Bahan bahan

6 butir telur (telur rebus)

2 gelas santan (1 butir kelapa)

1 potong jahe

1 potong kunyit

1 potong kencur

1 batang sereh

2 lembar daun jeruk

1 sendok makan bawang goreng

1 sendok makan cabe merah iris goreng

1 sendok makan gula pasir dan garam secukupnya


Cara Membuatnya

- bumbu dihaluskan, kecuali daun jeruk dan sereh

- campurkan bumbu dengan santn, sambil diaduk dengan api ukuran sedang, bila santan sudah mendidih, pelan pelan satu persatu pecahkan telur dalam santan berbumbu

jika merasa sudah cukup matang, pindahkan delama mangkuk. lalu

- cabe goreng dan bawag goreng ditaburkan ditasnya


Demikianlah bahan bahan dan proses cara pembuatan Lemak Telur dengan Kuah Santan Gurih, semoga bermanfaat. jangan lupa baca artikel resep keluarga terbaru lainnya, terima kasih.

Artikel Terkait

Lemak Telur dengan Kuah Santan Gurih
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email